Background

Ikut IPL,3 klub superliga didegradasi

Tiga klub Superliga Indonesia, PSM Makassar, Persema Malang dan Persibo Bojonegoro dinyatakan terdegradasi ke Divisi Utama Liga Indonesia, karena memilih mundur dari kompetisi resmi PSSI untuk mengikuti Liga Primer Indonesia [LPI].

Ketua eksekutif PT Liga Indonesia Joko Driyono mengatakan, pihaknya telah menerima surat pengunduran diri ketiga klub tersebut. Sesuai aturan, klub yang mundur saat kompetisi berjalan, otomatis terkena degradasi.

“Kami sudah menerima surat pengunduran diri mereka. Dengan demikian, mereka otomatis terdegradasi ke kompetisi di bawahnya sesuai aturan yang berlaku,” ujar Joko.

Mengenai sanksi terhadap ketiga klub tersebut yang memilih bergabung dengan LPI, Joko mengungkapkan, sepenuhnya menjadi wewenang PSSI. PT Liga hanya memberikan laporan tentang mundurnya PSM, Persema dan Persibo.


“Soal sanksi, itu menjadi wewenang PSSI, bukan kami. PT Liga hanya memberikan laporan. Bila mereka bergabung dengan kompetisi di luar PSSI, maka akan mendapatkan sanksi organisasi. Itu tidak hanya berlaku bagi klub saja, tapi semua yang terlibat di dalam tim,” jelas Joko.

Ditambahkan, bila ketiga klub ini pindah ke LPI namun tidak disertai pemain, pelatih dan jajaran manajemen, mereka akan menjadi tanggung jawab PT Liga. Pengelola kompetisi sepakbola nasional ini akan menyalurkannya ke klub yang berada di bawah naungan kompetisi PSSI.

“Khusus untuk pemain, nantinya akan disalurkan kepada klub di bawah naungan PSSI melalui mekanisme bursa transfer setelah putaran pertama selesai. Kebijakan ini akan kami sampaikan kepada ketua umum PSSI berserta komite eksekutif,” imbuh Joko.

Categories: Share

Leave a Reply