Background

"MARI BELAJAR BAHASA BATAK"

Horas!
Batak adalah salah suku yang menempati Indonesia bagian Barat. Orang Batak terkenal dengan stereotip pemakan manusia, kasar, dan galak. Tapi itu hanya stereotip, meskipun ada benarnya. Namun demikian, para orang tua Batak lebih dikenal dengan semangat juangnya terhadap keturunannya. Orang Batak malu jika tidak bisa menyekolahkan anak-anaknya. Makanya ada semboyan, anakkon hi do hamoraon di au (anakku adalah kekayaanku). Suku Batak juga ramah, hanya saja cara ngomongnya kasar dan sangat bertolak belakang dengan orang Sunda yang lemah gemulai.
Saat ini Batak sudah dikenal di dunia, ditandai dengan adanya beberapa expedisi orang Barat yang mencoba untuk meneliti asal mula suku Batak(pernah baca pas blogwalking). Dikenal juga dengan berbagai
kunjungan orang barat sendiri ke Danau Toba, yang merupakan daerah asal suku Batak.
Pengennya tadi postingan ini ditulis dalam Bahasa Batak. Tapi setelah dipikir-pikir, nantinya tidak semua pengunjung yang mengerti postingan ini. Jadinya menggunakan Bahasa Ibu Pertiwi sajalah, Bahasa Indonesia. Kapan-kapan saya akan membuat postingan menggunakan bahasa Batak. Agar pengunjung ada persiapan, ada baiknya kita belajar bahasa Batak dulu :)
Barusan aku dari blognya kak Riyanthi, terus nemu link dengan title hampir sama. Thanks to you Kak!
Kini telah tersedia kamus bahasa Indonesia-Batak(masih pada tahap pengembangan) dan sebaliknya Batak-Indonesia. Tentunya bagi yang ingin belajar bahasa Batak, lebih membutuhkan kamus versi Indonesia-Batak. Namun tidak menutup kemungkinan juga kita membutuhkan kamus Batak-Indonesia. Terutama bagi kita yang tinggal di wilayah Toba dan sering mendengar orang sekitar menggunakan bahasa Batak namun kita belum mengerti. Sementara untuk instruksi penggunaan, Anda bisa baca di sini.
Saya sendiri sedang mencoba download ke-dua file tersebut, meskipun saya lancar bahasa Batak karena saya memang asli produk Batak.
Selamat belajar bahasa Batak!

Categories: Share

Leave a Reply